Welcome to Chilly Theme

Sea summo mazim ex, ea errem eleifend definitionem vim. Ut nec hinc dolor possim mei ludus efficiendi ei sea summo mazim ex.

10 Langkah Menangani Keluhan Pelanggan Dengan Efektif

10 Langkah Menangani Keluhan Pelanggan Dengan Efektif

Hidup kita akan kosong dan tidak bermakna tanpa interaksi dengan sesama. Setiap saat pasti melakukan komunikasi, baik itu komunikasi verbal maupun komunikasi non verbal. Arif menjelaskan bahwa karyawan memiliki peran penting dalam kesuksesan upaya perusahaan untuk terus beroperasi memastikan produk-produk Unilever Indonesia bisa sampai ke tangan konsumen di masa-masa penuh tantangan ini. Berbagai upaya pencegahan dan penanganan COVID-19 dilakukan bagi kesehatan dan keselamatan karyawan yang merupakan prioritas utama perusahaan. Seluruh informasi yang masuk melalui media di atas, oleh penanggung jawab akan diolah sebagai suara pelanggan untuk dapat ditindaklanjuti. Selain itu kegiatan pelayanan pelanggan juga telah diterapkan secara terintegrasi diseluruh unit kerja terkait, baik yang langsung berhubungan dengan pelanggan, maupun unit kerja yang tidak berhubungan langsung dengan pelanggan.

Pada saat ini, akan wajar jika pelanggan merasa direndahkan dan tidak diacuhkan. Biasanya mereka juga akan memberi tau orang lain mengenai pengalaman positif mereka. Sama halnya dengan pelanggan agresif, pelanggan dengan pembelian berjumlah besar cenderung tidak menerima alasan yang bertele-tele.

Mendengarkan kebutuhan pelanggan untuk bisnis yang lebih baik

Ketika mereka memiliki permintaan, sejauh hal itu masuk akal, jelaskan kepada mereka bahwa Anda bisa melakukannya. Mungkin sistem di perushaaan Anda yang terbaik di dunia untuk menyelesaikan sesuatu. Namun, jika pelanggan tidak memahami/mengerti, mereka akan bingung, tidak sabar, bahkan marah.

Ini adalah kemampuan yang kemungkinan besar akan diasah dari waktu ke waktu dan itu adalah salah satu keterampilan layanan pelanggan yang benar-benar dapat mengikis bagi beberapa orang yang telah berada di industri ini untuk sementara waktu. Anda harus dapat mendengarkan dan benar-benar melibatkan diri Anda dalam apa yang dikatakan pelanggan tentang situasi mereka. Jika Anda hanya mengikuti kebijakan dan tidak mendengarkan, Anda mungkin kehilangan pertimbangan khusus penting yang perlu diperhitungkan agar layanan pelanggan dijaga pada tingkat kualitas tinggi.

Penting bahwa Anda dapat mengetik dengan cepat sehingga pelanggan tidak perlu menunggu dan Anda memahami dasar-dasar menggunakan komputer dan perangkat lunak sehingga Anda dapat melakukan pekerjaan dengan benar. Terbentuklah sebuah komunitas pelanggan Dell dari seluruh dunia yang berusaha melemparkan ide-ide perbaikan produk yang sangat menguntungkan Dell dan pelanggannya. Salah satunya adalah Linux Box, yang jelas-jelas mencederai hubungan jangka panjang Dell dengan Microsoft mengingat selama ini menjadi mitra penting di sisi working system. Namun demikian, demi memenuhi kebutuhan pelanggan di masa depan, Dell segera banting setir dan menyediakan komputer berbasis Linux. Karena menurutsurvey, biaya untuk mempertahankan pelanggan lama jauh lebih murah dari biaya untuk mendapatkan pelanggan baru. Pelanggan lama juga mempunyai potensi yang besar bukan hanya dalam penggunaan produk atau layanan perusahaan yang mereka pakai sekarang, tetapi juga produk dan layanan perusahaan yang lain.

Karyawan yang tidak puas tidak mungkin mengemukakan masalah mereka, jadi pertimbangkan kotak saran anonim atau survei keterlibatan karyawan untuk melihat apa yang membuat karyawan Anda tergerak. Anda mungkin akan ingin tahu bagaimana perasaan tim layanan pelanggan Anda tentang kondisi kerja dan kompensasi yang mereka terima, peluang untuk peningkatan karir, pelatihan, dan pendapat tentang rekan mereka. Dalam jangka panjang, perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dimana perusahaan memaksimumkan pengalaman pelanggan yang menyenangkan dan meminimumkan pengalaman pelanggan yang kurang menyenangkan . Aplikasi kualitas pelayanan sebagai sifat dari penampilan produk atau kinerja merupakan salah satu bagian utama dari strategi perusahaan dalam meraih keunggulan yang berkesinambungan.

Dalam komunikasi harus diperhatikan hal-hal yang bersifat menguntungkan, baik dalam hal isi, alat, maupun cara penyampaian informasi. Asas atau prinsip ini merupakan rangkuman dari prinsip pertama, kedua, ketiga, dan keempat yang pada dasarnya menghendaki efisiensi dan efektivitas dalam berkomunikasi. Alat komunikasi dengan cara yang sederhana dengan menggunakan surat-menyurat, telepon atau bicara langsung. Adapun yang dimaksud dengan komunikasi langsung yaitu komunikasi tatap muka.

Comments are closed.